Connect with us

Penyakit

Tentang Penyakit Anoreksia, Apa Saja Gejala-gejalanya, Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi Anoreksia

Banyak dari kita berharap kita terlihat berbeda atau dapat memperbaiki sesuatu tentang diri kita sendiri. Itu hanya manusia. Tetapi jika keasyikan dengan menjadi kurus telah mengambil alih kebiasaan makan anda, pikiran, dan kehidupan, anda mungkin memiliki gangguan makan. Ketika anda mengalami anoreksia, keinginan untuk menurunkan berat badan menjadi lebih penting daripada yang lain. Anda bahkan mungkin kehilangan kemampuan untuk melihat diri sendiri sebagaimana adanya. Tetapi anda tidak sendirian dan pemulihan itu mungkin. Dengan perawatan dan dukungan yang tepat, anda dapat mematahkan pola penyakit anoreksia yang merusak diri sendiri dan mendapatkan kembali kesehatan dan kepercayaan diri anda.

 

Apa itu anorexia nervosa?

Penyakit anoreksia nervosa adalah gangguan makan yang serius yang menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat dan sering berbahaya. Meskipun hal ini paling umum di kalangan wanita remaja, anoreksia dapat mempengaruhi wanita dan pria dari segala usia dan ditandai dengan penolakan untuk menjaga berat badan yang sehat, ketakutan yang intens untuk mendapatkan berat badan, dan citra tubuh terdistorsi.

Dalam budaya yang terobsesi dengan citra saat ini, banyak dari kita khawatir tentang menambah berat badan, tetapi jika anda memiliki anoreksia, anda akan melakukan hal yang ekstrem untuk mempertahankan berat badan yang rendah. Bahkan, pikiran tentang diet, makanan, dan tubuh anda mungkin menghabiskan sebagian besar hari anda — menyisakan sedikit waktu untuk teman, keluarga, dan kegiatan lain yang biasa anda nikmati. Hidup menjadi pengejaran tanpa henti ketipisan dan penurunan berat badan yang intens. Tetapi tidak peduli seberapa kurus anda, itu tidak pernah cukup.

Anda dapat mencoba menurunkan berat badan dengan kelaparan, berolahraga berlebihan, atau menggunakan obat pencahar, muntah, atau metode lain untuk membersihkan diri setelah makan. Rasa takut yang intens karena bertambahnya berat badan atau jijik dengan penampilan tubuh anda, dapat membuat makan dan waktu makan menjadi sangat menegangkan. Namun, makanan dan apa yang bisa dan tidak bisa anda makan adalah yang bisa anda pikirkan. Tetapi tidak peduli seberapa mendarahi pola merusak diri ini, ada harapan. Dengan perawatan, swadaya, dan dukungan, anda dapat mematahkan terus anoreksia terhadap anda, mengembangkan citra tubuh yang lebih realistis, dan mendapatkan kembali keseimbangan yang lebih sehat dalam hidup anda.

 

Penyebab dan efek anoreksia

Tidak ada jawaban sederhana untuk penyebab anoreksia. Anoreksia adalah kondisi kompleks yang muncul dari kombinasi banyak faktor sosial, emosional, dan biologis. Meskipun idealisasi budaya kita tentang ketipisan memainkan peran yang kuat, ada banyak faktor lain yang berkontribusi, termasuk lingkungan keluarga anda, kesulitan emosional, harga diri yang rendah, dan pengalaman traumatis yang mungkin anda alami di masa lalu.

Efek anoreksia

Sementara penyebab anoreksia tidak pasti, efek fisiknya jelas. Ketika tubuh anda tidak mendapatkan bahan bakar yang dibutuhkan untuk berfungsi secara normal, ia akan masuk ke mode kelaparan dan melambat untuk menghemat energi. Pada dasarnya, tubuh anda mulai mengkonsumsi sendiri. Jika kelaparan diri terus berlanjut dan lebih banyak lemak tubuh hilang, komplikasi medis menumpuk dan tubuh dan pikiran anda membayar harganya.

 

Gejala-gejala anoreksia

  • Penurunan berat badan yang drastis – Penurunan berat badan yang drastis dan drastis tanpa penyebab medis.
  • Merasa gemuk, meskipun berat badan kurang – Anda mungkin merasa kelebihan berat badan secara umum atau hanya “terlalu gemuk” di tempat-tempat tertentu, seperti perut, pinggul, atau paha.
  • Fiksasi pada citra tubuh – Terobsesi dengan berat badan, bentuk tubuh, atau ukuran pakaian. Penimbangan berat dan perhatian terhadap fluktuasi berat yang sangat kecil.
  • Sangat kritis terhadap penampilan – Menghabiskan banyak waktu di depan cermin untuk memeriksa kekurangan. Selalu ada sesuatu untuk dikritik. Anda tidak pernah cukup kurus.
  • Menyangkal bahwa anda terlalu kurus – Anda dapat menyangkal bahwa berat badan rendah anda adalah masalah, ketika mencoba untuk menyembunyikannya (minum banyak air sebelum ditimbang, memakai pakaian longgar atau kebesaran).
  • Menggunakan pil diet, laksatif, atau diuretik – Menyalahgunakan pil air, penekan nafsu makan herbal, stimulan resep, sirup ipecac, dan obat lain untuk menurunkan berat badan.
  • Muntah setelah makan – Sering menghilang setelah makan atau pergi ke kamar mandi. Dapat menjalankan air untuk menyamarkan suara muntah atau muncul kembali berbau seperti obat kumur atau permen.
  • Latihan kompulsif – Mengikuti rejimen olahraga yang bertujuan untuk membakar kalori. Berolahraga melalui cedera, penyakit, dan cuaca buruk. Bekerja ekstra keras setelah makan sebanyak-banyaknya atau makan sesuatu “buruk.”

Hidup dengan anoreksia berarti anda terus-menerus menyembunyikan kebiasaan anda. Ini membuat sulit pada awalnya bagi teman dan keluarga untuk melihat tanda-tanda peringatan. Ketika dihadapkan, anda mungkin mencoba untuk menjelaskan tentang gangguan makan anda dan melenyapkan kekhawatiran. Tetapi ketika anoreksia berlangsung, orang-orang yang dekat dengan anda tidak akan dapat menyangkal naluri mereka bahwa ada sesuatu yang salah — dan tidak seharusnya anda.

Gejala perilaku makanan

  1. Diet meskipun kurus – Mengikuti diet yang sangat terbatas. Makan hanya makanan rendah kalori tertentu. Melarang makanan “buruk” seperti karbohidrat dan lemak.
  2. Obsesi dengan kalori, gram lemak, dan nutrisi – Membaca label makanan, mengukur dan menimbang porsi, menyimpan buku harian makanan, membaca buku diet.
  3. Berpura-pura makan atau berbohong tentang makan – Menyembunyikan, bermain dengan, atau membuang makanan untuk menghindari makan. Membuat alasan untuk keluar dari makanan (“Saya makan siang besar” atau “Perut saya tidak enak badan”).
  4. Keasyikan dengan makanan – Selalu berpikir tentang makanan. Memasak untuk orang lain, mengumpulkan resep, membaca majalah makanan, atau membuat rencana makan sambil makan sangat sedikit.
  5. Ritual makanan yang aneh atau rahasia – Menolak untuk makan di sekitar orang lain atau di tempat umum. Makan dengan cara yang kaku dan ritualistik (misalnya memotong makanan “begitu saja,” mengunyah makanan dan meludahkannya, menggunakan piring khusus).

 

Jenis anoreksia

Membatasi jenis anoreksia, di mana penurunan berat badan dicapai dengan membatasi kalori (mengikuti diet yang drastis, berpuasa, dan berolahraga secara berlebihan)

Jenis pembersihan anoreksia, di mana penurunan berat badan dicapai dengan muntah atau menggunakan obat pencahar dan diuretik.

 

Langkah-langkah untuk mengatasi anoreksia

  • Akuilah anda punya masalah. Hingga saat ini, anda telah diinvestasikan dalam gagasan bahwa hidup akan menjadi lebih baik — bahwa akhirnya anda akan merasa baik — jika anda kehilangan berat badan lebih banyak. Langkah pertama dalam pemulihan anoreksia adalah mengakui bahwa pengetatan ketipisan anda yang tanpa henti berada di luar kendali Anda dan mengakui kerusakan fisik dan emosional yang anda derita karenanya.
  • Berbicara dengan seseorang. Sulit untuk berbicara tentang apa yang anda alami, terutama jika anda merahasiakan anoreksia untuk waktu yang lama. Anda mungkin merasa malu, ambivalen, atau takut. Tetapi penting untuk memahami bahwa anda tidak sendirian. Temukan pendengar yang baik — seseorang yang akan mendukung anda ketika anda berusaha menjadi lebih baik.
  • Jauhi orang, tempat, dan aktivitas yang memicu obsesi anda menjadi kurus. Anda mungkin perlu menghindari melihat majalah mode atau kebugaran, menghabiskan lebih sedikit waktu dengan teman-teman yang terus-menerus diet dan berbicara tentang kehilangan berat badan, dan tinggal jauh dari situs web penurunan berat badan dan “pro-ana” situs yang mempromosikan anoreksia.
  • Cari bantuan profesional. Saran dan dukungan dari profesional gangguan makan yang terlatih dapat membantu anda mendapatkan kembali kesehatan Anda, belajar untuk makan secara normal lagi, dan mengembangkan sikap yang lebih sehat tentang makanan dan tubuh anda.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Penyakit

To Top